Informasi yang Terdapat pada Teks Eksplanasi Umumnya Ditulis Berdasarkan 

Brandon Chavez
6 Mei 2024 02:49
News 0 103
3 menit membaca

Tidak sedikit yang mencari tentang informasi yang terdapat pada teks eksplanasi umumnya ditulis berdasarkan. Biasanya, teks tersebut disusun dengan beberapa faktor yang berbeda, tergantung pada jenisnya. Jenis teks ini memiliki tujuan utama untuk pemahaman yang lebih baik tentang suatu hal atau peristiwa. 

Dengan kata lain, teks ini berfungsi sebagai alat untuk menguraikan dan menyajikan informasi yang kompleks dengan cara yang mudah dipahami. Melalui teks ini, pembaca dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang suatu topik tertentu.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Teks ini mempunyai karakteristik khas dimana membuatnya jadi berbeda dari teks lain. Mengetahui ciri-ciri ini penting agar seseorang dapat mengidentifikasi teks inim dengan mudah dan menulisnya dengan tepat. Beberapa ciri khas teks ini antara lain:

  • Berbasis fakta: Untuk informasi yang disampaikan dengan fakta yang dapat diverifikasi.
  • Ilmiah: Fenomena yang diambil bersifat ilmiah atau pengetahuan yang teruji.
  • Teks ini memberikan informasi yang mudah untuk dipahami.
  • Tidak mempengaruhi: Penulisan teks tidak mencoba memengaruhi pembaca dengan pendapat atau pandangan tertentu.
  • Umum: Topik yang dibahas bersifat umum, seperti fenomena di alam, dll.
  • Terdappat kata yang menunjukkan urutan: Penulisan teks menggunakan kata-kata seperti “kedua”, “ketiga”, untuk menyusun informasi secara teratur.

Dengan demikian, teks eksplanasi bertujuan untuk memberikan pemahaman yang jelas dan terstruktur tentang suatu topik, dengan informasi yang terdapat pada teks eksplanasi umumnya ditulis berdasarkan prinsip tersebut dalam penyusunan teksnya.

Struktur Teks Eksplanasi

Teks ini memiliki format yang digunakan sebagai panduan dalam penulisannya. Memahami hal ini penting karena membantu seseorang dalam menyusun tulisan secara teratur. Adapun struktur teks tersebut beserta penjelasannya seperti berikut:

  1. Pernyataan Umum

Bagian ini mengidentifikasi te tentang sesuatu yang umumnya dipaparkan secara luas. Isi dari bagian ini sering kali terkait dengan peristiwa di alam, budaya, dan lainnya. Ungkapan dalam bagian ini cenderung terdapat kata ‘adalah’.

  1. Eksplanasi 

Bagian uraian yang menjelaskan secara terperinci terkait bagaimana suatu fenomena dapat terjadi yang telah dijelaskan secara umum di bagian pernyataan umum. Hal ini seringkali menggunakan beberapa penjelasan yang memaparkan terkait hubungan sebab-akibat dari suatu peristiwa.

  1. Interpretasi

Untuk bagian ini sebenarnya tidak wajib digunakan, sehingga bisa ada atau tidak ada. Secara umum, hal ini hanya berisi pandangan atau bisa menjadi kesimpulan dari penulis tentang fenomena yang tengah dibahas.

Dasar Sebelum Mulai Menulis Teks Eksplanasi

  1. Kronologi 

Untuk hal  ini, informasi disusun secara berurutan sesuai berdasarkan urutan bagaimana terjadinya.  Pendekatan kronologis sering digunakan untuk menjelaskan konsep-konsep seperti rantai makanan dalam ekosistem atau proses metamorfosis pada hewan seperti kupu-kupu.

  1. Efek Peristiwa

Jenis ini adalah penyusunan informasi dengan dasar efek dan hasil dari suatu fenomena. Dalam pendekatan ini, fokus utama dari teks ini adalah menjelaskan konsekuensi dari peristiwa tersebut.

  1. Teori dan Spekulasi 

Selain itu, seseorang juga bisa menyusun informasi berdasarkan spekulasi. Misalnya, mulai dengan menjelaskan suatu peristiwa itu dapat mengakibatkan timbulnya fenomena lainnya.

  1. Kausalitas Fenomena

Dalam jenis ini, seseorang dapat menjelaskan berbagai alasan mengapa suatu fenomena itu bisa terjadi.

Setelah memahami penjelasan di atas, sebaiknya tentukan jenis yang paling cocok terkait jenis tema yang akan dibahas ketika akan mulai menulis teks. Pertanyaan informasi yang terdapat pada teks eksplanasi umumnya ditulis berdasarkan akhirnya bisa terjawab.