4 Aplikasi Cek Akta Cerai Terkenal di Indonesia

Brandon Chavez
15 Apr 2024 07:37
News 0 282
3 menit membaca

aplikasi cek akta cerai adalah produk Pegadilan Agama untuk memudahkan masyarakat yang ingin mengetahui asli tidaknya dokumen cerai. Rasa-rasanya sekarang hampir semua urusan bisa terselesaikan secara online baik itu urusan formal atau non-formal.

Inovasi ini tentunya sangat praktis karena memungkinkan Anda melakukan pengecekan tanpa terbatas waktu. Sekarang, Anda tak perlu repot-repot membawa akta cerai ke pengadilan hanya untuk cari tahu keasliannya. 

Bagi Anda yang membutuhkan aplikasi untuk mengecek keaslian akta cerai secara online bisa menyimak ulasan berikut ini.

  1. A. C. O. Integrated System 

Aplikasi cek akta cerai bernama A. C. O. Integrated System ini merupakan karya dari Badan Peradilan Agama atau Badilag. Melalui aplikasi ini Anda

bisa mengecek informasi lengkap terkait akta cerai.

Bila Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi buatan Badilag Anda bisa mengunjungi alamat info.aco.badilag.net/akta_cerai/ melalui browser hp atau laptop.

Untuk melakukan pengecekan, Anda butuh informasi lokasi pengadilan, nomor perkara, dan juga akta cerai. Selanjutnya, Anda hanya perlu menekan tombol Cari berwarna oren.

Informasi yang Anda masukkan harus benar-benar tepat. Kalau tidak, aplikasi tidak bisa melakukan pengecekan dan memunculkan notifikasi gagal.

  1. e-Tara
Aplikasi-Cek-Akta-Cerai

Aplikasi pengecekan akta cerai bernama e-Tara ini merupakan aplikasi berbasis website. Nama e-Tara diambil dari elektronik Akta Cerai. Melalui aplikasi ini pengguna bisa mendapatkan pelayanan pengecekan akta cerai, memvalidasi akta cerai, legalisir akta cerai, dan juga mendapatkan bantuan mengambil akta cerai. 

Pengguna bisa mengakses aplikasi cek akta cerai, e-Tara, dengan mencari nama pengadilan + e-Tara di browser. Aplikasi ini terhubung dengan pengadilan secara langsung sehingga alamatnya berbeda menurut lokasi pengadilan. 

Misalnya bila Anda berada di Kolaka, alamat e-Tara-nya adalah aktaceraipa-kolaka.go.id. Di halaman utamanya Anda akan mendapati 4 buah menu untuk mendapatkan pelayanan. Silakan pilih menu layanan Cek Akta Cerai dari e-Tara.

  1. SIVALDI

Nama SIVALDI berasal dari kepanjangan Sistem Informasi Validasi Akta Cerai. Ini merupakan aplikasi pengecekan informasi akta cerai yang merupakan karya dari Pengadilan Agama Palu. 

Nah, bila Anda urusan akta cerainya berada di Pengadilan Agama Palu, maka Anda bisa menggunakan SIVALDI ini. Langsung saja kunjungi alamat sivaldi.pa-palu.go.id melalui browser di hp atau laptop. 

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya menikmati dua layanan, yaitu daftar, cek status, dan validasi akta cerai. Untuk melakukan pengecekan status akta cerai Anda bisa gulir ke bawah sampai mendapati tulisan “Cek Status Akta Cerai”. 

Di bagian ini, Anda hanya perlu mengisikan nomor perkara sesuai dengan format yang ada di kolom lalu menekan tombol “Cek Status AC”. Untuk mengakses menu lain dari aplikasi SIVALDI Anda hanya perlu menggulir ke bawah lagi.

  1. A-LAI

Terakhir, ada aplikasi A-Lai yang merupakan singkatan dari Aplikasi Layanan Akta Cerai. A-Lai adalah karya dari tim IT Pengadilan Agama Lasusua.

Anda bisa mengakses layanan cek akta cerai online A-Lai di alamat aktacerai.pa-lasusua.go.id. Di sini Anda bisa menikmati layanan cek akta cerai dan juga validasi akta cerai.

Silakan pilih menu layanan yang Anda inginkan dan masukkan data akta yang ingin Anda cek. Lalu, klik ikon kaca pembesar dan tunggu hasilnya.

Masing-masing dari daerah menciptakan aplikasi cek akta cerai sendiri dan Anda bisa memilih untuk menggunakan salah satunya. Jadi, manakah aplikasi untuk mengecek keaslian akta cerai yang ingin Anda gunakan?